Cari Blog Ini

Selasa, 16 Februari 2010

Outbound training for kids



Penyiapan SDM sejak dini harus dilakukan melalui peningkatan kompetensi anak didik yang berkelanjutan. Tentunya pengembangan ini tidak terlepas dari upaya pendidikan berbasis kompetensi yang melibatkan aspek psikomotorik , knowledge , skill dan attitude yang termasuk di dalamnya persoalan sikap mental , kedisiplinan, percaya diri , bersosialisasi dan kerjasama kelompok di samping juga kegiatan fisik yang amat diperlukandimasapertumbuhan
meramunya dalam bentuk kegiatan yang bercirikhas

➢ " amat berguna,
➢ " menyenangkan,
➢ " belajar,
➢ " bermain,
➢ " mengenal lingkungan,
➢ " bekerjasama dan lain sebagainya …

Tujuan
➢ Membantu mengenal kekuatan dan kelemahan dirinya, sehingga kedua potensi tersebut dapat dioptimalkan dalam meraih prestasi.
➢ Membantu peserta mengembangkan disiplin pribadi, kemampuan bertindak cepat dan tepat serta bertanggung jawab.
➢ Meningkatkan inner motivation yang merupakan kekuatan besar dalam merubah paradigma individu ke arah yang positif.
➢ Meningkatkan self confidence sehingga dapat meningkatkan kepekaan dan potensi invdividu dalam analisis faktor-faktor kegagalan dan keberhasilan.
➢ Memiliki sikap pantang menyerah untuk mencari alternatif solusi dalam menghadapi permasalahan.
Memahami dan memiliki keinginan dan kebutuhan untuk meningkatkan kualitas prestasi
➢ Memiliki sikap besar hati menerima masukan dan kritik dari orang lain / rekan atas kekurangan dan kelemahan diri, serta memotivasi diri bertekat untuk memperbaikinya.terdapat berbagai macam games, berikut adalah beberapa games yang paling sering dilakukan
➢ Ice breaking / zero mind / freedom : Pemantapan tentang tujuan , motivasi , spiritualitas outbound. disini peserta diarahkan agar dalam games outbound harus sungguh2 meskipun hanya dalam bentuk permainan. menciptakan suasana kebersamaan , satu level, serta membuang sampah2 emosi peserta agar dalam melaksanakan outbound bisa berhasil. Peserta dikondisikan pada "THE POWER OF NOW " kekuatan sekarang dengan menghilangkan perasaan2 menyesal pada kejadian masa lalu dan menghilangkan kekawatiran terhadap masa yad (ENJOY IT NOW, NO FEAR-TRUST YOUR HOPE). Serta "THE POWER OF FORGIVING" (Kekuatan memaafkan) dengan keiklasan untuk memaafkan siapapun apapun dan menerima keadaan apapun saat ini ( WHY ME ? BUT WHY NOT ME ? ).
➢ Treasury games : peserta dibagi dalam grup untuk membuat prosedur dan dilaksanakan oleh grup lain, disini akan ketahuan siapa yang pberperan dalam kegagalan suatu tugas,apa prosedurnya atau pelaksananya.

➢ Follow the leader : tentang kepatuhan mengikuti prosedur yang ada
➢ Puzzle games , tentang komunikasi dan team work
➢ Water games / war ;tentang team building , strategi dan taktik
➢ Making tower , tentang solid team work , kerjasama, dan motivasi untuk menjadi the winning team
➢ Trust games : tentang kepercayaan diri untuk mempercayai orang lain
➢ Left right games : tentang konsentrasi dan fokus team dalam bekerjasama .
masih banyak sekali game-game lain yang tentu saja akan kami terapkan setelah melihat paradigma peserta di lapangan

~ Tujuan utama kegiatan pelatihan OUTBOUND adalah melatih para peserta untuk mampu menyesuaikan diri (adaptasi) dengan perubahan yang ada dengan membentuk sikap professionalisme para peserta yang didasarkan pada perubahan dan perkembangan traits (sifat mendasar) dari individu yang meliputi aspek trus, belief, dan komitmen serta kinerja yang diharapkan akan semakin lebih baik. Nilai plus jika management outbound memiliki profesionalitas tinggi.

Sikap dan perilaku professionalisme seperti ini maliputi :
➢ Terbentuknya suatu komitmen (commitment) yang utuh dari setiap peserta outbound training melalui 4C, yaitu peningkatan kompetensi (competency), pembentukan kosepsi (conception) pemikiran yang komprehensif, terjadinya hubungan (connection) yang semakin erat diantara para pimpinan organisasi dan kususnya relasi kerja antara bawahan dan atasan, serta munculnya keyakinan akan kepercayaan diri (confidence) akan kemampuan masing-masing peserta yang pada akhirnya akan pula berpengaruh dalam membangun rasa memiliki (the owners) dan bukan sekedar menjadi karyawan. Perubahan ini akan terlihat dari bertumbuh kembangnya rasa tanggung-jawab dalam melakukan tugas di unit kerjanya masing-masing.
➢ Pola perilaku yang berkarakter dalam melakukan tugas-tugas kehidupan, berdisiplin, bertanggung jawab, berorientasi ke masa depan, mengutamakan tugas pengabdian, memiliki sikap, etika dan etos kerja yang tinggi.
➢ Meningkatkan semangat kerja dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing, serta meningkatkan keberanian peserta dalam mengambil setiap resiko (risk taking) dari setiap tantangan yang dihadapi.
➢ Team building (misalnya dalam outbound training) yang solid yang didasarkan pada saling pengertian, kerja sama, koordinasi, menghargai perbedaan, sikap mengutamakan
tugas daripada kepentingan pribadi. Dan meyakini bahwa keberhasilan merupakan buah dari kerjasama dan kebersamaan.
➢ Peningkatan kematangan Emotional Question (EQ) melalui program Olah Rasa yang menjadi porsi perhatian outbound bahkan perhatiannya kepada pengembangan Spiritual Quotion (SQ) akan sangat membantu peserta dalam meningkatkan kemampuan menghadapi berbagai tantangan dan hambatan dalam setiap penyelesaian tugas-tugas yang dihadapi.

Kegiatan meliputi :
➢ Botany (Pelajaran ilmu tumbu tumbuhan, kegunaan dan penggunaan)
➢ Ecology (Pelajaran pemeliharan dan pelestarian lingkungan. Mengatasi sampah/limba)
➢ Ornithology (Pelajaran ilmu burung burung dan kepentinganya dalam siklus alam)
➢ Volcanoes (Pelajaran ilmu gunung aktiv, pendakian, panduan dengan kompas, berkemah)
➢ Sport (Sepak bola, jogging cross country, gymnastic, mancing, memanah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar